London – Chelsea berhasil memenangkan duel sengit kontra Manchester City dalam pertandingan lanjutan Premier League. The Blues menang tipis 2-1 atas The Citizens berkat dua gol Eden Hazard.

Bermain di Stamford Bridge, Kamis (6/4/2017) dinihari WIB, Chelsea menurunkan Cesar Azpilicueta dari posisi bek ke sayap kanan untuk menggantikan Victor Moses yang cedera. Posisi Azpilicueta di lini belakang diisi oleh Kurt Zouma. Di lini depan, Pedro Rodriguez dan Hazard hadir mengapit Diego Costa.

Sementara itu, Manchester City melakukan rotasi pemain dengan memasang Vincent Kompany di lini belakang dan Fabian Delph di lini tengah. Sergio Aguero tetap jadi ujung tombak di lini serang.

Chelsea unggul lebih dulu melalui tembakan Hazard pada menit kesepuluh pertandingan. Namun, City mampu menyamakan kedudukan lewat gol Aguero saat laga memasuki menit 26. Pada menit ke-35, Hazard kembali mencetak gol keduanya ke gawang City dan membawa tim tuan rumah unggul lagi.

City terus menekan Chelsea habis-habisan pada babak kedua. Namun, mereka tidak bisa menciptakan banyak peluang dan gagal membuat gol penyeimbang.

Dengan hasil ini, Chelsea masih tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan perolehan total 72 poin dari 30 pertandingan. Chelsea masih unggul tujuh poin atas Tottenham Hotspur yang berada di posisi kedua. Sementara itu, City tetap berada di peringkat keempat dengan total 58 poin.

Jalannya Pertandingan

City memang lebih mendominasi penguasaan bola pada menit-menit awal, tetapi Chelsea sukses unggul lebih dulu setelah Eden Hazard berhasil mencetak gol pada menit kesepuluh. Hazard yang tampil bagus, mendapatkan umpan tarik dari Azpilicueta dan langsung melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti. Bola tembakan Hazard mengenai bek City, Vincent Kompany dan tidak mampu dihentikan oleh kiper Willy Caballero.

Manchester City yang mengalami kesulitan dalam menembus kotak penalti Chelsea mencoba tembakan-tembakan jarak jauh. Delph melakukannya pada menit ke-16, tapi masih meleset dari sasaran. Fernandinho juga melakukan hal demikian tiga menit kemudian, namun upayanya bisa diantisipasi oleh Thibaut Courtois.

City mendapatkan peluang lainnya pada menit ke-21 melalui Aguero. Akan tetapi, tembakan mendatar Aguero terlalu lemah sehingga dengan mudah ditangkap oleh Courtois.

Tim tamu berhasil menyamakan skor pada menit ke-26 lewat gol Aguero. Gol ini tak lepas dari kesalahan fatal yang dilakukan oleh Courtois. Kiper asal Belgia itu ceroboh dalam membuang bola backpass. Tendangannya malah mengarah ke David Silva yang berada di dekat kotak penalti Chelsea.

Courtois memang bisa mementalkan tembakan yang dilepaskan oleh Silva. Tapi, dia tidak bisa berbuat apa-apa ketika Aguero menyambar bola muntah untuk mengubah kedudukan skor menjadi 1-1.

City nyaris berbalik unggul dua menit kemudian. Leroy Sane yang langsung berhadapan dengan Courtois dan mencoba melakukan chip shot. Namun, usahanya masih bisa digagalkan kiper Chelsea itu.

Memasuki menit ke-35, Chelsea mendapatkan hadiah penalti karena pelanggaran Fernandinho terhadap Pedro. Hazard yang maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas, tapi tembakannya ke arah kanan masih bisa ditepis oleh Caballero. Untungnya buat Hazard, bola muntah yang mengarah kepadanya sehingga dia bisa langsung menyambarnya dan membawa Chelsea kembali memimpin dengan skor 2-1.

Tak berselang lama kemudian, City punya peluang untuk menyamakan skor. Namun, tembakan Aguero masih terlalu melebar.

Hingga berakhirnya babak pertama, skor tak berubah. Chelsea masih memimpin 2-1 atas City.

City semakin berusaha keras untuk menyamakan kedudukan pada babak kedua dan terus menekan pertahanan Chelsea. Mereka kembali memiliki peluang pada menit ke-64 lewat bek nya John Stones, tapi sundulan Stones tersebut mengarah tepat ke pelukan Courtois.

Hazard yang berpeluang mengukir hat-trick pada menit ke-76. Namun, tembakannya dari sudut yang cukup ideal masih melambung.

Aguero juga nyaris menyamakan kedudukan pada injury time. Dia menyambar umpan panjang dari Nolito, tapi berhasil dihalau oleh Courtois.

Tak berselang lama, Stones yang mendapatkan peluang emas. Dia berdiri bebas di depan mulut gawang, tetapi bola sontekannya tak mengarah tepat ke sasaran.

Susunan Pemain
Chelsea : Courtois; Zouma (Matic 46′), David Luiz, Cahill; Azpilicueta, Kante, Fabregas (Willian 81′), Alonso; Pedro, Diego Costa, Hazard (Loftus-Cheek 90′)

Manchester City : Caballero; Clichy, Stones, Kompany; Navas, Fernandinho, Delph, Sane (Nolito 85′); Silva, De Bruyne (Sterling 79′); Aguero

Advertisements