Manchester – Manchester City dan Manchester United harus puas berbagi satu angka di lanjutan Liga Inggris. Derby Manchester selesai dengan skor kaca mata alias tanpa gol.

Saat melakoni pertandingan di Etihad Stadium, Jumat (28/4/2017) dini hari WIB, City lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Mereka mampu mencatatkan penguasaan bola dengan torehan 68,9 persen.

Soal peluang, The Citizens 18 kali melepaskan tembakan, enam mencapai sasaran. Sementara MU yang banyak menunggu di belakang, cuma tiga kali melepaskan attempts, satu on target.

MU harus bermain dengan 10 pemain karena Marouane Fellaini mendapat kartu merah di menit 84. Insiden dengan Sergio Aguero menjadi penyebabnya.

Gol City di masa injury time dianulir. Gabriel Jesus yang menceploskan bola sudah berdiri offside.

Dengan hasil imbang ini, City tetap ada di posisi empat klasemen dengan raihan 65 poin. Sementara itu, MU juga tak beranjak dari posisi lima dengan raihan 64 poin.

Jalannya Pertandingan

City mengancam gawang MU pada menit kesembilan. Aguero melakukan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti ‘Setan Merah’ yang menyasar tiang kiri gawang yang di kawal David De Gea.

Kevin de Bruyne gantian melepaskan percobaan. Tapi, usaha pemain Belgia itu 12 menit itu masih bisa diantisipasi oleh De Gea.

MU mendapatkan peluang pertama di menit 25. Tendangan Henrikh Mkhitaryan memanfaatkan kesalahan Claudio Bravo saat menghalau umpan silang Anthony Martial masih bisa diblok.

Tujuh menit berselang De Gea kembali melakukan penyelamatan. Penjaga gawang asal Spanyol itu mampu menangkap dengan sempurna tembakan Aguero dari luar kotak penalti.

Aguero mengancam lagi di menit ke 34. Sudah mengecoh Daley Blind, eksekusi terakhirnya masih melayang jauh.

Umpan terobosan Aguero di menit 43 gagal dimanfaatkan oleh Raheem Sterling. Bola sepakannya masih melesat jauh.

Ander Herrera melewatkan peluang emas di menit 45. Umpan tendangan bebas Marcus Rashford berhasil dia sundul, tapi arahnya masih menyamping. Tak lama kemudian babak pertama selesai, skor masih sama kuat 0-0.

City langsung mengurung MU begitu babak kedua dimulai. Dalam waktu lima menit, mereka mendapat dua peluang. Tendangan Sterling di menit 47 dan Aguero dua menit sesudahnya bisa diantisipasi De Gea.

De Bruyne membahayakan gawang MU di menit 58. Tapi, tendangan kerasnya cuma mengenai sisi jaring gawang MU.

Sundulan Nicolas Otamendi menyambut umpan silang Leroy Sane masih membentur pemain MU. Peluang di menit 67 itu cuma berbuah tendangan sudut.

Hingga menit 73, City terus mengurung MU. Tapi, kokohnya barisan pertahanan ‘Setan Merah’ juga belum bisa ditembus. Tembakan jarak jauh De Bruyne juga masih melesat jauh.

MU harus bermain dengan 10 pemain di menit 84. Fellaini melakukan perlanggaran pada Aguero, lalu terlibat adu mulut dengan pemain asal Argentina itu. Tandukan kepalanya berbuah kartu merah. Semenit sebelumnya, Fellaini juga diganjar kartu kuning karena mengganjal Aguero.

Tensi pertandingan memanas, pelanggaran Gabriel Jesus pada Rashford membuat keributan kecil di menit 89. Pemain asal Brasil itu mendapat kartu kuning.

Gol City di masa injury time dianulir. Gabriel Jesus sudah berdiri offside saat menceploskan bola ke dalam gawang De Gea. Di sisa pertandingan tetap tak ada gol tercipta, laga selesai 0-0.

Susunan Pemain

City: Bravo (Caballero 79), Zabaleta, Kompany, Otamendi, Kolarov, Fernandinho, Yaya Toure, Sterling (Jesus 86), De Bruyne, Sane (Navas 80), Aguero

MU: De Gea, Valencia, Bailly, Blind, Darmian, Herrera, Carrick, Fellaini, Mkhitaryan (Fosu-Mensah 86), Rashford (Young 90), Martial (Lingard 80)

Advertisements