Video Jokowi Ingatkan Hari Pancasila : Saya Indonesia, Saya Pancasila

Dalam video singkatnya, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo atau yang biasa kita sapa Jokowi, mempertegas arti Pancasila bagi Indonesia. Unggahan video hari Senin lalu (29/5) yang disebar di akun sosial mengungkapkan bahwasanya Pancasila adalah sangat penting untuk keutuhan bangsa.

Pancasila adalah jiwa dan raga kita. Ada dialiran darah dan detak jantung kita. Perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, saya Indonesia, saya Pancasila ujar Jokowi dalam video singkatnya yang diunggah dalam akun sosialnya Senin (29/5) lalu dan diikuti dengan caption atau keterangan “Kalau kamu?”.

Ditengah banyaknya aksi-aksi yang terjadi di Indonesia, yang membutuhkan toleransi sesama manusia dan umat beragama. Jokowi sebagai Presiden RI menetapkan Hari Lahirnya Pancasila sekaligus menjadi libur nasional di tanggal 1 Juni.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) pada tahun lalu 2016. “Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah. Dengan bismillah, dengan Keppres tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila” kata Jokowi dalam Pidatonya dalam peringatan Bung Karno di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat pada Rabu 1 Juni 2016 lalu.

 

Perlu diketahui, Presiden Jokowi juga sudah sering menyuarakan tentang arti pentingnya Pancasila sebagai dasar bangsa dan harus diketahui jelas asal-usulnya. Peringatan Hari Lahir Pancasila akan dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Beberapa pesan juga sering diungkapkan Jokowi dalam akun instagramnya, “Pekan Pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila serta menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila”.

“Diharapkan untuk semua komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” tulis Jokowi dalam akun instagramnya yang bertujuan mengingatkan segenap rakyat Indonesia untuk menjaga Pancasila yang menjadi perekat kebhinekaan.

Seperti yang sudah kita ketahui, belakangan ini banyak oknum dengan sengaja atau tidak sengaja sedang mengguncang pentingnya Pancasila sebagai ideologi Indonesia. Pada videonya Presiden kita Jokowi menegaskan dari generasi ke generasi Pancasila harus diamalkan dan menjadi ideologi yang bekerja dan dijaga kelanggengannya.

#Jokowi #Pancasila #Indonesia #HariLahirPancasila #HariPancasila #LiburNasional #JokoWidodo