UPDATE | Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 8

 

Kompetisi sepakbola divisi teratas di Indonesia sebagaimana diketahui terdahulu Indonesia Super League dan musim ini 2017 menjadi Liga 1 Indonesia. Sudah berlangsung hingga pekan ke-8 terakhir Rabu (31/5) lalu.

Seperti biasa setiap pekannya selalu ada drama naik turun di tangga klasemen Liga 1 Indonesia, dengan topik pekan ke-8 ini Persib Bandung yang menerima kekalahan perdananya setelah 2 pekan sebelumnya bermain imbang saja.

Sedikit perubahan selama bulan Ramadhan ini yaitu jadwal pertandingan dilangsungkan malam hari antara mulai 19:30 WIB ataupun 20:30 WIB.

Sabtu (27 Mei 2017)

Hari pertama pekan ke-8 ini diisi dengan 2 jadwal pertandingan yaitu Sriwijaya FC menjamu Madura United dan laga sengit antara PS TNI sebagai tuan rumah ketika menjamu Persela Lamongan.

Sriwijaya FC yang pada pekan ke-7 harus menerima kekalahan 1-0 oleh PSM Makassar, dan berakhir diposisi 12. Pekan ke-8 Sriwijaya yang berperan sebagai tuan rumah harus menjamu klub yang sedang dalam perkembangan positifnya Madura United. Tidak ingin dikalahkan di kandang sendiri, Sriwijaya FC bermain aman dengan hasil akhir imbang, dan membuat Sriwijaya hanya merangkak sedikit saja ke urutan 11 tangga klasemen.

Diwaktu yang sama di lapangan Bogor, Cibinong tuan rumah PS TNI menjamu Persela Lamongan. Kilas balik dari pekan sebelumnya yaitu pekan ke-7, PS TNI yang dikalahkan Madura United skor 4-1, sebaliknya Persela Lamongan sedang masa jayanya pekan ke-7 skor 4-0 saat menjamu Arema Malang. Pekan ke-8 PS TNI yang tidak ingin menambah daftar buruk hasil pertandingannya kembali menorehkan kemenangan 3-2 saat melawan Persela Lamongan. Dominasi PS TNI hingga ke menit ke-53′ saat laga itu kemudian dibalas Persela dimenit ke-77′ dan 86′, untungnya hingga waktu laga habis PS TNI berhasil mempertahankan skor akhir 3-2 tersebut untuk kemenangannya.

Minggu (28 Mei 2017)

Tim klasemen bawah Gresik United harus mendapat tantangan berat saat dipertemukan dengan pemimpin puncak klasemen PSM Makassar. Namun hasil yang tak terduga malah berakhir dilaga pekan ke-8 hari kedua tersebut, dengan Gresik United bisa menahan imbang PSM Makassar 1-1. Bahkan Gresik United saat itu yang memberikan gol pembuka keunggulan laga dimenit ke-53′ hingga menjelang akhir-akhir menit ke-81′ barulah PSM Makassar memberi skor penyeimbang.

Seperti yang sudah diketahui Arema Malang yang dikalahkan 4-0 oleh Persela Lamongan pada laga pekan ke-7 sebelumnya. Seakan tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, Arema Malang yang bertindak sebagai tuan rumah menjamu tamunya Mitra Kukar yang terbilang cukup tangguh, berhasil sukses dengan kemenangan tanpa balasan 2-0. Arema yang sempat turun kembali naik dan menurunkan posisi Mitra Kukar ditangga klasemen.

Senin (29 Mei 2017)

Hasil imbang saat melawan tim papan atas Persib Bandung, dan kali ini sangat fantastis kembali mendapat hasil yang sangat bagus. Pusamaania Borneo berhasil sukses di kandang sendiri dengan kemenangan tanpa balasan atas tamunya Bhayangkara FC dengan skor akhir 3-0. Bhayangkara yang sempat naik klasemen setelah mengalahkan tipis 1-0 Semen Padang, kembali turun akibat kekalahannya oleh Borneo FC.

Disisi lain pada hari yang sama, Semen Padang memetik kemenangan saat melawan Persiba Balikpapan, skor 2-1 tetap memberikan 3 poin penuh bagi Semen Padang serta menguatkan Persiba Balikpapan didasar klasemen dengan hanya 1 poin saja sejauh ini.

Selasa (30 Mei 2017)

Satu lagi tim yang sedang dalam masa peningkatannya yaitu Persipura Jayapura yang kembali memberikan kemenangan bagi pendukungnya di kandang sendiri saat melawan Barito Putera. Skor 2-1 menutup laga babak pertama saat itu, dan kembali dimantapkan penyerang Persipura Marinus Wanewar dimenit ke-65′ memberikan kemenangan tuan rumah 3-1 atas Barito Putera. Kemenangan pekan ke-8 ini menjadi 3 kali berturut-turut bagi Persipura mendapatkan hasil 3 poin penuh atas kemenangan laga-laganya.

Rabu (31 Mei 2017)

Topik terhangat pekan ini yaitu dihari terakhir pekan ke-8, dengan kekalahan perdana bagi Persib Bandung yang menurunkan posisinya dari peringkat ke-2 setelah 7 pekan berlangsung.

Hasil imbang sama-sama dirasakan kedua tim yaitu Bali United dan Persib Bandung, saat melakukan aktivitas laga dipekan ke-7. Dengan Bali United yang ditahan imbang tuan rumah saat itu Persija Jakarta tanpa skor satupun, dan Persib Bandung yang juga berakhir imbang 2-2 saat melawan Borneo FC.

Persaingan pekan ke-8 dengan Bali United sebagai tuan rumah, berhasil menorehkan kekalahan perdana bagi Persib Bandung. Setelah 7 pekan berlangsung dan Persib masih terbilang stabil dengan hasil menang ataupun paling tidak imbang. Skor semata wayang oleh pemain asing Bali United Marcos Flores dimenit ke-32′ bertahan hingga akhir pertandingan tanpa kesanggupan Persib Bandung untuk menyamakan kedudukan.

Tuntas sudah semua aktivitas bertanding Liga 1 Indonesia pekan ke-8 Rabu (31/5) lalu, kecuali penundaan untuk laga untuk Perseru Serui dan Persija Jakarta. Laga pekan ke-8 dengan Perseru Serui sebagai tuan rumah melawan Persija Jakarta seharusnya berlangsung hari Minggu (28/5) lalu, namun harus mengalami penundaan jauh hingga 2 Agustus 2017 mendatang.

Penundaan ini dikarenakan sebagai tuan rumah, lapangan Perseru Serui belum memenuhi syarat untuk pertandingan malam dilangsungkan di lapangan tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui dari perubahan jadwal Liga 1 Indonesia selama bulan Ramadhan ini setiap laga berlangsung dijam-jam malam antara 19:30 WIB ataupun 20:30 WIB.

Pertimbangan dari PT. Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 Indonesia, menyatakan lapangan Perseru Serui di Stadion Marora, Kepulauan Yapen (Papua Barat) belum memenuhi syarat untuk melakukan pertandingan malam. Aspek infrastruktur, lampu sebagai penerangan dan kondisi lainnya yang membuat tidak mendukungnya stadion tersebut untuk menyelenggarakan pertandingan pada malam hari.

Berikut tangga klasemen Liga 1 Indonesia setelah pekan ke-8

UPDATE | Klasemen Liga 1 Indonesia Pekan Ke 8

Keterangan :
PSM Makassar tetap dipuncak klasemen Liga 1 Indonesia meskipun hasil imbangnya melawan Gresik United. Begitu juga Gresik United yang masih belum berkutik diposisi kedua dari bawah klasemen pekan ke-8 ini.

Persipura Jayapura berada naik ditempat ke-2 setelah 3 pekan berturut-turut mendulang kemenangan dari aktivitasnya. Hal ini secara otomatis membuat lawannya saat itu Barito Putera turun keposisi ke-14 setelah pekan sebelumnya sempat naik sedikit keurutan 10.

Setelah sempat turun, PS TNI kembali naik menjadi keposisi ke-3 klasemen sementara setelah pekan ke-8 ini sukses menang melawan Persela. Sebagai kekalahannya, Persela Lamongan yang sempat naik keposisi 9 menjadi turun keposisi ke-13.

Tangga ke-4 klasemen sementara Liga 1 Indonesia didiami oleh Arema Malang yang kembali naik keurutan ke-4, setelah mengalahkan 2-0 Mitra Kukar. Hal ini membuat Mitra Kukar pun turun kembali ke posisi 8 klasemen.

Turun 1 peringkat Madura United berada diposisi ke-5, setelah hanya bermain imbang melawan Sriwijaya FC. Tidak terlalu jauh namun faktanya Sriwijaya berhasil naik sedikit ke posisi 11 sementara setelah pekan ke-8 ini.

Bali United berhasil naik peringkat ke posisi 6, setelah memberikan kekalahan perdana bagi Persib Bandung. Dan disisi lainnya, sempat bertahan diposisi 2 di 3 pekan sebelumnya, Persib Bandung harus turun ke urutan 7 klasemen saat ini, yang mana merupakan posisi Bhayangkara FC pada pekan ke-7.

Lanjut dengan Bhayangkara yang turun ke posisi 9 setelah dikalahkan oleh Borneo FC skor akhir telak tanpa balasan 3-0. Meskipun terbilang masih tangga bawah, setidaknya Borneo FC berhasil naik ke urutan 10 klasemen setelah pekan sebelumnya berada di urutan 13.

Hasil yang buruk kembali terjadi untuk Persiba Balikpapan dipekan ke-8 ini, kalah dari Semen Padang, membuat Persiba Balikpapan tidak beranjak dari dasar klasemen. Sedangkang Semen Padang naik 2 peringkat menjadi ke posisi ke-12, setelah pekan ke-7 sebelumnya berada diurutan 14 akibat kalah dari Bhayangkara.

2 tim yang belum menjalankan aktivitas pekan ke-8nya akibat penundaan, ada Persija Jakarta dan Perseru Serui yang harus menerima posisi tetapnya di urutan 15 dan 16 secara berurutan.

Dengan jadwal aktivitas Liga 1 Indonesia yang masing panjang diperkirakan harus memenuhi standard 34 pekan lamanya. Dengan masing-masing 18 tim yang bersaing harus melakukan total 34 kali total pertandingan kandang maupun tandang untuk masing-masing lawannya. Semua kemungkinan masih bisa terjadi di tangga klasemen Liga 1 Indonesia.

Pekan yang ke-9 sudah langsung berlanjut di hari Kamis (1/6) kemarin, tetap ikutin perkembangan sepakbola di tanah air kita setiap minggunya.

Dukung Terus Persepakbolaan Indonesia Kita.

#Salam_Olahraga #Liga_1_Indonesia #Indonesia_Super_League #ISL #Liga1_2017 #Liga1 #Indonesia #Sepakbola #TanahAir

.

.

.

.

.
.

.

.

Berita ini disediakan oleh Mesinjudi.com – Bandar Bola Online Terpercaya.